Senin, 19 Desember 2011

Bahan mempercepat umur beton

BESTMITTEL
BAHAN UNTUK MEMPERCEPAT UMUR BETON.
Pekerjaan beton baru dapat dibebani setelah berumur 21 hari atau 3 minggu, sehingga untuk mempercepat umur beton diperlukan bahan campuran, bahan- bahan campuran untuk mempercepat umur beton bermacam-macam, tetapi disini kami menggunakan merek BESTMITTEL.
Dengan menggunakan BESTMITTEL kita dapat mempercepat umur beton yang dari 21 hari bisa menjadi 7 hari,sehingga dapat mempercepat/ataumempersingkat waktu penyelesaian dari proyek tersebut.


Cara penggunaan :
1 liter bestmittel dapat digunakan 200 – 400 kg semen ( 4 – 9 zak).
Atau 1 m3 cor menggunkan Bestmittel 1 liter.



CALBOND
PEREKAT PLASTIS UNTUK CAMPURAN BETON



Dilapangan biasanya disebut dengan lem beton, karna digunakan untuk menyambung pekerjaan beton lama dengan beton baru, melekatkan plesteran pada pasangan batu bata, tanpa harus mengasarkan permukaan terlebih dahulu, dapat juga digunakan untuk memperbaiki keretakan-keretakan dan kegagalan pada tembok, pemasangan keramik.
Disini kami mengabil contoh lem beton dengan merk CALBOND, karna merk tersebutlah yang sering kami gunakan dilapangan, tetapi ada beberapa merk lem beton seperti STEROBOND.

Cara Penggunaan :

Untuk memperbaiki atau melekatkan beton lama dengan beton baru, permukaan beton lama dilaburi dengan lembeton tersebut, tunggu kira-kira 10 sampai dengan 15 menit , setelah itu baru dapat dilanjutkan dengan proses pengecoran atau plesteran berikutnya.

Sedangkan bila untuk melanjutkan pengecoran yang terhenti, cara penggunaan nya adalah calbond dicampur dengan semen sekental cat, kemudian disiramkan pada beton lama yang akan dicor, yang dimaksud disini adalah untuk melanjutkan pekerjaan beton yang terhenti sementara (akibat dari keterlambatan material atau saat pekerja istirahat).





CALFLASH 

BAHAN UNTUK MENYUMBAT LUBANG YG SIFATNYA CEPAT MENGERAS

Pekerjaan pembuatan bangunan yang dibawah permukaan air, seperti pembuatan tempat penampungan air(bawah tanah), bestmen, bendungan, fondasi mesin, sering terjadi kebocoran, untuk mengatasi kebocoran pada bangunan yang ada tekanan air, bila dilakukan dengan campuran beton biasa sangat sulit dilakukan, sehingga diperlukan bahan pencampur.
Bahan pencampur untuk menanggulangi kebocoroan bermacam-macam, tetapi disini yang kami memakai CALFLASH, karena merk tersebut yang sering kami gunakan dilapangan.


Cara Penggunaan :

Calflash dicampur dengan semen secukupnya, kemudian aduk sampai merata tanpa memakai air, selanjutnya ditambalkan pada lokasi yang bocor, biasanya kalau lubang terlalu besar pengerjaan penambalan tidak bisa sekaligus, sebaik nya pada lubang tersebut diberi selang diameter 5 cm yang berfungsi untuk mengalihkan tekanan air, disekeliling selang ditutup dengan campuran calflas dan semen, biarkan selang mengeluarkan air, setelah mengering campuran yg disekeliling selang, kemudian selang ditutup (disumbat dengan kayu/atau bahan jenis lain) , selanjutnya selang tersebut ditutup dengan campur calflash dan semen.
Saat Calflash sudah diaduk dengan semen, segera ditambalkan pada lokasi yang bocor, karena sifat dari Calflash setelah dicampur dengan semen akan cepat mengering 10 sampai dengan 15 detik. Karena sifatnya cepat mengering sebaiknya pembuatan campuran jangan terlalu banyak.

Tidak ada komentar: